Ban Pelampung / Life Buoy Kapal

Salah satu syarat kapal melaut telah diatur oleh International Convention for Safety of Life at Sea (SOLAS). Di dalamnya terdapat berbagai standar alat keselamatan kapal, termasuk standar untuk ban pelampung sebagai alat pelampung. PT Velasco Indonesia Persada adalah distributor alat kapal terbaik yang melayani ban pelampung dengan kualitas terbaik sesuai standard SOLAS.  

SOLAS telah mengatur pada chapter III mengenai life saving appliances and arrangements.  Berdasarkan SOLAS, ban pelampung harus diletakan di sisi kiri dan kanan kapal, harus mudah dijangkau, serta harus ada setidaknya 1 ban pelampung dengan panjang tali sekitar 30 meter pada setiap sisi kapal. Setiap ban pelampung juga harus dicat dengan nama kapal dan nama pelabuhan registrasiya.

Ban pelampung yang sesuai dengan standar SOLAS harus terbuat dari plastic polyethylene berdensitas tinggi dan berisi busa polyurethane. SOLAS juga mengatur jumlah ban pelampung minimum yang harus ada pada setiap kapal. Jumlah ban pelampung ditentukan berdasarkan panjang kapal.

Berikut ini adalah jumlah ban pelampung minimum yang harus ada pada kapal RORO:
- Panjang kurang dari 60 m: 8 buah
- Panjang antara 60 m – 120 m: 12 buah
- Panjang antara 120 m – 180 m: 18 buah
- Panjang antara 180 m – 240 m: 24 buah
- Panjang lebih dari 240 m: 30 buah

Sementara jumlah minimum ban pelampung untuk kapal kargo berdasarkan regulasi SOLAS adalah sebagai berikut:
- Panjang kurang dari 100 m: 8 buah
- Panjang antara 100 m – 150 m: 10 buah
- Panjang antara 150 m – 200 m: 12 buah
- Panjang lebih dari 200 m: 14 buah

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, sebagai distributor ban pelampung bersertifikat serta alat keselamatan kapal lainnya seperti line throwing, MOB, life raft, jaket pelampung, flare signal, dan lain sebagainya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Comments

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fungsi Swivel Piece pada Jangkar Kapal

Alat Keselamatan Kapal, Apa Saja

Line Throwing Apparatus, Apakah itu?