Fungsi Swivel Piece pada Jangkar Kapal

 

Swivel piece. Jelas alat ini bukan alat yang dapat kita temukan sehari-sehari. Kecuali jika kita bekerja di kapal tentunya. Mengenal swivel piece saja belum tentu apa lagi dengan fungsi swivel piece.

Dalam dunia perkapalan, swivel piece umunya disebut juga dengan kili-kili. Jadi jangan bingung ya jika ada yang menyebut swivel piece dengan kili-kili. Keduanya adalah alat atau benda yang sama.

 

Fungsi Swivel Piece Apa Ya?

 

Fungsi swivel piece adalah sebagai penghubung antara rantai jangkar satu dengan rantai jangkar yang lainnya saat rantai jangkar tidak cukup panjang. Tidak hanya itu ya. Fungsi swivel piece lainnya yaitu sebagai penghubung antara rantai jangkar dengan jangkar. Swivel piece yang dipasang di jangkar biasa dikenal dengan swivel piece jangkar atau anchor swivel piece.

Metoda pemasangannya sama. Salah satu bagian ujung swivel piece dikaitkan ke ujung mata rantai jangkar dan bagian ujung swivel piece lainnya dikaitakan pada ujung rantai jangkar lainnya atau ke ring pada bagian kepala jangkar.  

Swivel piece merupakan salah satu aksesoris jangkar kapal. Alat ini memiliki ulir berputar di bagian tengah yang berfungsi meningkatkan daya putar saat rantai jangkar atau jangkar dalam kondisi terpelintir. Sehingga rantai jangkar atau jangakr tidak putus.

Swivel piece terbuat dari besi baja yang kuat dan tahan lama. Semakin besar ukuran kapal umumnya semakin besar ukuran swivel piece yang digunakan. Beberapa ukuran swivel piece yang umumnya dipakai dan dipasarkan antara lain 16MM, 19MM, 22MM, 28MM, 30MM, 32MM, 36MM, 40MM dan 42MM.

Dalam penggunaanya, swivel piece biasa digunakan dengan perlengkapan rantai yang lain seperti anchor shackle, kenter shackle, dan sebagainya. Alat-alat tersebut sering disebut aksesoris jangkar.

Saat membeli atau akan menggunakan swivel piece jangan lupa ya untuk memperhatikan informasi karakteristik swivel piece. Beberapa standar informasi karakteristiknya yaitu working load, breaking strength, length, anchor side, dan chain side. Pastikan kili-kili atau swivel piece yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan. Sebab kalau memakai swivel yang salah, akibatnya akan fatal pada sistem penambatan kapal.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Alat Keselamatan Kapal, Apa Saja

Line Throwing Apparatus, Apakah itu?