Swivel Piece, Sambungan Rantai Anti Kusut

 

Para penggiat kapal atau yang sering berkecimpung di dunia rigging tentu tidak asing dengan alat swivel piece. Alat ini juga populer dengan nama kili-kili. Bentuknya unik, ada dua bagian yang dikaitkan. Uniknya adalah, ketika satu bagian berputar, bagian yang lainnya tidak ikut berputar.

Nah, keunikan itulah yang sangat bermanfaat dalam dunia perkapalan. Swivel piece ini digunakan untuk menghubungkan 2 alat, biasanya rantai dengan rantai, atau rantai dengan shackle, atau rantai dengan jangkar. 

 

Swivel Piece, Sambungan Rantai Anti Kusut

Alat kapal yang satu ini sangat diandalkan sebagai aksesoris jangkar kapal. Kenapa begitu? Karena berkat kili-kili inilah, rantai jangkar dan sambungannya tidak mudah kusut walaupun diterpa arus kencang. Karena seperti kita ketahui, rangkaian rantai jangkar yang kusut atau mengalami twist akan sangan mengganggu proses penambatan kapal. Jadi bisa dibilang swivel piece ini adalah sambungan rantai anti kusut.

Sama seperti alat kapal pada umumnya, swivel terbuat dari stainless steel, atau baja galvanis. Selain itu, swivel juga punya nilai safe working load (SWL) atau nilai beban kerja aman yang disarankan. Ukurannya juga beragam, mulai dari 16 mm sampai dengan 42 mm. Jadi tidak bisa sembarangan dalam memilih kili-kili, harus disesuaikan dengan aksesoris jangkar kapal lainnya yang digunakan. Jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil, harus pas.

Jenis-Jenis Swivel Piece

Ada beberapa jenis kili-kili berdasarkan bentuknya. Ada yang disebut dengan eye & eye swivel, jaw & jaw swivel, eye & jaw swivel. Eye dan jaw menunjukkan bentuk salah satu sisi swivel. Ada juga jenis lainnya, namun yang banyak digunakan untuk rangkaian aksesoris jangkar kapal adalah jenis-jenis yang sudah disebutkan di atas. Kalau untuk rigging, ada beberapa variasi lain, seperti eye & hook swivel, dll.

Selain swivel piece, ada beberapa aksesoris jangkar lainnya. Misalnya rantai jangkar, alat penarik jangkar kapal alias windlass, shackle jangkar, kenter jangkar, dan pastinya jangkar itu sendiri. Semua itu adalah rangkaian alat kapal yang sangat penting dalam sistem penambatan kapal dan wajib dimiliki oleh semua kapal.

 

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Swivel Piece pada Jangkar Kapal

Alat Keselamatan Kapal, Apa Saja

Line Throwing Apparatus, Apakah itu?