Macam-Macam Aksesoris Jangkar

 

Teman-teman pelaut atau yang bekerja di perkapalan tentu sangat mengenal jangkar dan system penjangkaran. Teman-teman yang lain yang masih awam tentang system ini, belum tentu mengatahui, bahwa jangkar itu bukan sekedar besi atau pemberat yang dipakai di kapal. Jangkar memiliki macam-macam aksesoris yang disebut aksesoris jangkar yang berguna untuk membantu kerja jangkar. Berikut bebrapa di antaranya ya. Selamat menyimak.

 

Aksesoris Jangkar : Chain Anchor

Chain anchor merupakan salah satu alat kapal berupa rantai penghubung yang mengaitkan jangkar dengan badan kapal. Rantai ini terbuat dari stainless steel atau galvanized steel yang tahan lama dan tahan terhadap korosi. Semakin besar ukuran dan bobot kapal, semakin besar ukuran dan bobot jangkar, sehingga semakin besar pula ukuran dari anchor chain yang digunakan. Pada kapal atau boat kecil biasanya anchor chain diganti dengan tali yang kuat dan lebih ringan.

Aksesoris Jangkar : Anchor Swivel

Anchor swivel merupakan aksesoris jangkar yang berfungsi sebagai penghubung antara rantai jangkar dengan jangkar. Salah satu ujung anchor swievel terpasang pada ring atau cincin pada bagian kepala jangkar sementara bagian ujung kainnya terkait pada ujung rantai penghubung antara jangkar dan badan kapal.

Anchor swivel umumnta terbuat dari stainless steel yang kuat dan tahan karat. Pada umumnya produk anchor swivel memiliki karakteristik atau disertakan dengan informasi tentang ukuran rantai yang sesuai, working load, breaking strength, length, anchor side, dan chain side.

Aksesoris Jangkar : Alat Penarik Jangkar / Windlass

Setiap jangkar membutuhkan alat penarik jangkar yang berfungsi untuk menaikkan jangkar saat tidak digunakan, dan menurunkan jangkar saat digunakan. Ada beberapa jenis alat penarik jangkar atau windlass. Menurut porosnya, ada vertical windlass dan horizontal windlass. Berdasakan mesin penggeraknya, ada windlass tenaga uap dan ada windlass tenaga listrik serta hidrolis.

 

Aksesoris Jangkar : Kenter Jangkar

Kenter jangkar memiliki bentuk seperti mata rantai jangkar yang dilengkapi dengan stud link. Fungsi kenter jangkar adalah untuk menghubungkan antara rantai jangkar yang satu dengan rantai jangkar yang lain. tujuannya supaya bisa mencapai panjang rantai jangkar yang dibutuhkan. Atau kalau ada satu bagian mata rantai jangkar yang rusak, maka mata rantai tersebut akan dilepas dan rantainya akan disambungkan kembali dengan kenter jangkar. Alat ini juga bisa menghubungkan rantai jangkar dengan aksesoris jangkar lainnya seperti swivel, atau shackle jangkar.

 

Aksesoris Jangkar : Shackle Jangkar

Shackle jangkar adalah segel atau shakle yang digunakan untuk jangkar, tepatnya untuk menghubungkan antara swivel piece atau dengan mata rantai jangkar ke jangkar kapal. peran alat ini sangat penting karena ia menempel langsung pada jangkar.

 

Comments

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fungsi Swivel Piece pada Jangkar Kapal

Alat Keselamatan Kapal, Apa Saja

Line Throwing Apparatus, Apakah itu?