Kalau Lihat Smoke Signal di Laut, Artinya Apa?

“Waspadalah, waspadalah!” Ucapan Bang Napi ini selalu relevan di mana-mana, karena bahaya bisa terjadi di mana-mana. Bukan hanya bahaya dari orang jahat seperti maling, tapi juga bahaya kecelakaan, termasuk kecelakaan di kapal laut. Nah, kalau ada kecelakaan kapal maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengirimkan sinyal darurat untuk minta tolong ke siapa pun yang ada di sekitar kapal yang celaka. Smoke signal adalah salah satu cara untuk mengirimkan sinyal tersebut.

 

Apa Itu Smoke Signal

Smoke signal adalah alat keselamatan kapal berupa sinyal asap warna oranye yang digunakan ketika terjadi kecelakaan pada kapal. Jadi kalau melihat smoke signal dari kejauhan, artinya di sekitar titik itu sedang terjadi kecelakaan kapal dan mereka membutuhkan bantuan segera.

Smoke signal juga merupakan salah satu contoh alat piroteknik. Alat piroteknik adalah alat yang menghasilkan reaksi kimia berupa api, asap, dan bunyi. Contoh alat piroteknik lain selain smoke signal adalah red hand flare, man over board, rocket parachute signal, dan line throwing.

Smoke signal alat keselamatan kapal memiliki bentuk berupa tabung bulat pendek warna oranye. Cara pakainya adalah dengan membuka tutupnya, tarik tuasnya, sehingga sinyal asap oranye keluar, lalu lempar ke laut.

Kenapa oranye? Karena warna oranye sangat mencolok di laut lepas, jadi mudah dilihat orang. Maka tidak heran kebanyakan alat keselamatan kapal itu warnanya oranye, misalnya jaket pelampung atau life buoy. Warna oranye gampang dilihat saat siang hari atau saat langit masih terang, maka alat ini cocok digunakan di siang hari. Kalau di malam hari, sebaiknya pakai hand flare yang mengeluarkan cahaya warna merah.

Smoke signal ini wajib ada di setiap kapal lho! Sesuai dengan peraturan SOLAS (Safety of Life at Sea) yang mengatur tentang alat keselamatan kapal. Jadi kalau naik kapal, pastikan ada alat ini ya. Tentunya bersama dengan alat keselamatan kapal lainnya seperti sekoci, life jacket, ring buoy, termasuk alat pemadam kebakaran.

Berikut ini video tentang cara menggunakan smoke signal, semoga bermanfaat!



Comments

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fungsi Swivel Piece pada Jangkar Kapal

Alat Keselamatan Kapal, Apa Saja

Line Throwing Apparatus, Apakah itu?