Alat Piroteknik Kapal, Udah Tau Belum?

Semua alat transportasi punya potensi kecelakaan, termasuk di kapal. Jadi penting banget untuk punya alat safety kapal atau alat keselamatan kapal. Nah, ada beberapa jenis alat keselamatankapal, salah satunya adalah alat piroteknik.


Alat Keselamatan Kapal Khusus untuk Pemberi Sinyal


Alat piroteknik adalah alat yang bisa menghasilkan nyala api, asap dan suara. Ketiga hal tersebut merupakan sarana yang tepat untuk memberikan sinyal permintaan pertolongan saat ada kecelakaan kapal.

 

Contoh Alat Piroteknik

Beberapa contoh alat piroteknik adalah sebagai berikut:

  • Red Hand Flare : bentuknya tabung panjang, bisa mengeluarkan flare merah. Siapa pun yang melihat tanda ini di tengah laut akan mengetahui bahwa telah terjadi kecelakaan kapal dan ada yang butuh pertolongan.
  • Smoke signal : bentuknya tabung pendek, bisa mengeluarkan asap warna oranye. Sebaiknya digunakan di siang hari, sementara red hand flare di malam hari. Karena warna oranye lebih terlihat mencolok di siang hari, sementara warna merah lebih mencolok di malam hari.
  • Man over board (MOB) : alat yang diikat Bersama dengan ban pelampung / life buoy / ring buoy. Jadi saat life buoy dilemparkan untuk menolong korban di tengah laut, MOB ikut terlempar dan akan mengeluarkan asap berwarna oranye.
  • Rocket parachute signal : alat ini dapat meluncurkan flare merah jauh ke atas, jadi jangkauan sinyal ini akan lebih luas dibanding alat piroteknik lainnnya.
  • Line throwing : bentuknya berupa tabung besar, isinya adalah tali yang dikaitkan dengan roket pada bagian ujungnya. Fungsi roket ini adalah untuk meluncurkan tali ke arah korban yang ada di tengah laut, supaya korban bisa menangkap tali itu dan bisa ditarik ke kapal.

 

Selain alat piroteknik, juga ada alat keselamatan safety kapal lain seperti life jacket, sekoci, dan juga alat-alat pemadam kebakaran. Semua itu sangat penting dan wajib dimiliki setiap kapal sesuai tertulis dalam peraturan SOLAS (Safety of Life at Sea).


Ide-ide Piroteknik.

https://www.youtube.com/watch?v=xxMLoi_Cmxo


Comments

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fungsi Swivel Piece pada Jangkar Kapal

Alat Keselamatan Kapal, Apa Saja

Line Throwing Apparatus, Apakah itu?