Jenis-Jenis Jangkar Masa Kini

 

Kalau kamu sering naik kapal, atau at least sering lihat kapal, tentu tahu dong apa itu jangkar? Tentu bukan jangkar hati ya yang dimaksud di tulisan ini. Jangkar hati menambatkan hati, kalau jangkar beneran untuk menambat kapal di laut, danau, atau sungai.

Jangkar adalah alat kapal yang berfungsi sebagai alat penambat kapal ke dasar perairan. Jangkar uang ditambatkan membuat posisi kapal tidak bergerak atau tetap meskipun terkena arus laut, gelombang ataupun angin.

Pada kapal yang ukurannya besar, jangkar dipasang ke rantai yang terikat ke kapal. Dengan begitu jangkar akan lebih mudah dinaikan atau diturunkan. 

 

Jangkar Tradisional

Dahulu, jangkar kapal ada yang terbuat batu, tumpukan batu yang diletakan dalam keranjang, karung berisi pasir, atau batang kayu bersi timah. Kenapa benda-benda itu dipakai, sebab mereka mempunyai berat untuk menambat kapal agar tidak hanyut dari posisinya.

Kemudian, oleh karena ukuran kapal makin besar, digunakanlah kayu yang berbentuk kail agar lebih efektif. Setelah itu mulai berkembang dengan penggunaan besi sebagai jangkar.

Jenis Jangkar Masa Kini

Stock Anchor

Jangkar masa kini pada umumnya memiliki bentuk atau pola bagian seperti pada gambar di bawah ini.

 


Bentuk demikian disebut jenis Stock Anchor. Bentuk jangkar kapal jenis ini mulai dikenal sejak abad ke 19. Bagian-bagiannya yaitu:

-        Ring

-        Head

-        Kip pin

-        Stock

-        Balancing band

-        Shank

-        Arm

-        Palm

-        Bill

-        Fluke

 

Stockless Anchor


 

Stockless anchor adalah salah satu jenis jangkar modern yang sering dipakai kapal-kapal besar saat ini. Mengapa disebut “stockless anchor” karena jangkar ini tidak mempunyai lengan jangakar atau stock. Mengapa demikian, dengan tidak adanya lengan, proses handling dan stowing menjadi lebih mudah. Bagian-bagian jangkar ini yaitu:

-        Ring

-        Shank

-        balancing band

-        crown

-        shoulder

-        fluke

-        bill

Jangkar ini sengaja dirancang agar dapat digunakan di berbagai dasar perairan. Sebab, jangkar mempunyai bobot tetap dan terpusat sehingga jangkar mampu menambat di dasar laut yang keras serta mempunyai daya cengkaram yang kuat untuk menambat di dasar perairan yang berpasir atau berlumpur.

 

Baldt

Baldt sebenarnya masuk dalam jenis jangkar stockless yang diproduksi oleh Baldt anchor and chain. Jangkar ini ada di kelas HHP atau kelas SHHP. Kelas SHHP mempunyai kekuatan penahan yang sangat baik dan mudah serta aman saat ditempatkan di tabung jangkar (hawse pipe) ketika tidak dipakai.

 

BBI-Delta

BBI-Delta memiliki bentuk jangkar yang tidak pada umumnya. Namun demikian, jangkar ini memiliki kekuatan holding (HHP) yang sangat tinggi karena mempunyai adjustable fluke/shank angle yang cukup besar.

 


Snug Stowing

Snug stowing mempunuyai HHP yang baik dan pas ditempatkan di tabung jangkar sebab tidak membutuhkan bolster pada bow jangkar.

 

Plow

Plow adalah jangkar yang sering dipakai di kapal yacht dan jenis-jenis kapal kecil.

 

Oh ya setiap jangkar membutuhkan aksesoris jangkar kapal lho. Contohnya ada windlass atau alat penarik jangkar kapal, shackle jangkar, kenter jangkar, dan rantai jangkar

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Swivel Piece pada Jangkar Kapal

Alat Keselamatan Kapal, Apa Saja

Line Throwing Apparatus, Apakah itu?