Kenapa Ring Buoy Warnanya Oranye?

 

Kenapa ring buoy warnanya oranye? Hmm kalo diperhatikan bukan hanya ring buoy tentunya yang berwarna oranye bukan? Umumnya semua alat safety kapal berwarna oranye. Rasa penasaran seperti ini sudah umum dijumpai.

Salah satu jawaban yang melintas di kalangan orang adalah supaya terlihat lebih modis. Tentu bukan. Oh ya! Atau sang pembuat adalah penduk timnas sepak bola Belanda yang identik dengan warna oranye. Sekali lagi bukan itu jawabannya ya. Jawaban yang benar adalah warna oranye pada ring buoy digunakan karena warna ini membuat penolong lebih mudah ditemukan para survivor di tengah laut dalam proses pencarian.

Tingkat kecerahan warna oranye cukup tinggi dan mencolok. Selain itu warna ini jarang didapati di alam bebas. Dengan demikian warna ini menjadi warna yang unik dan mencolok sehingga cukup peka terhadap indera penglihatan manusia. Warna biru tidak dipakai sebagai warna ring buoy. Mengapa? Sebab tentu saja akan sangat sulit untuk menemukan korban di tengah laut jika mereka menggunakan ring buoy warna biru, karena warna itu mirip dengan warna laut.

Jika diperhatikan, oranye bukan merupakan satu-satunya warna yang dikenakan pada ring buoy. Ada warna lain? Ya. Warna merah dan kuning adalah dua warna yang juga umumnya digunakan pada alat safety di kapal. Alasannya sama, karena warna tersebut terlihat mencolok di tengah laut.

Semua warna alat safety kapal terstandarisasi. Bukan sekedar suka-suka dipilih ya. Standar internasional yang mengatur penggunaan warna alat safety di kapal khusunya ring buoy adalah Konvensi Internasional untuk Keselamatan Penumpang di Laut atau International Convention for the Safety of Life at Sea (SOLAS).

SOLAS tidak saja mengatur standar warna ring buoy atau alat safety lainnya. SOLAS juga mewajibkan ketersediaan ring buoy di kapal baik kapal penumpang ataupu kapal barang. Perhatikan. Jangan naik kapal yang tidak ada ring buoy dengan alasan apapun!  

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Swivel Piece pada Jangkar Kapal

Alat Keselamatan Kapal, Apa Saja

Line Throwing Apparatus, Apakah itu?