Marine Smoke Signal? Apaan Tuh?

 

Marine smoke signal adalah salah satu alat keselamatan kapal yang berfungsi mengeluarkan sinyal asap warna oranye. Kenapa smoke signal warnanya oranye? Memang sengaja dipilih warna ini supaya kelihatan mencolok dan mudah diidentifikasi saat siang hari. Tidak ada smoke signal warna lain. Kalau untuk malam, lebih cocok pakai red hand flare signal karena merah lebih mudah dilihat di malam hari.

Khusus dalam kondisi siang hari tapi ada badai kencang, sebaiknya jangan gunakan marine smoke signal dan gunakanlah red hand flare. Karena sinyal asap akan cepat tersapu angin kencang. Selain itu saat badai di siang hari tentu langit akan lebih gelap dari biasanya. Jadi lebih efektif menggunakan hand flare signal.

Alat safety kapal yang satu ini bentuknya berupa tabung kaleng pendek, warnanya oranye. Di badan tabungnya terdapat panduan cara memakai smoke signal. Setelah seal dibuka, smoke signal dilempar ke laut dan akan mengeluarkan asap oranye selama 3 menit. Diharapkan selama 3 menit itu ada kapal lain atau pesawat yang dapat menangkap sinyal darurat tersebut dan bisa memberikan pertolongan.

Nggak main-main, penggunaan dan keberadaan smoke signal ini diatur dalam peraturan SOLAS lho. Peraturan SOLAS mengatur tentang segala macam prosedur keselamatan kapal yang wajib dimiliki semua kapal. Jadi barang ini wajib banget ada di setiap kapal.

Smoke signal masuk dalam kategori alat piroteknik, yaitu alat yang dapat menghasilkan reaksi kimia berupa api, asap atau suara. Alat piroteknik lain yang juga merupakan alat keselamatan kapal adalah man overboard, hand flare, rocket parachute dan line throwing. Kalau alat piroteknik yang bukan alat safety kapal contohnya adalah petasan dan kembang api. Jangan sampai ketuker yaa!

 

Aturan Memakai Marine Smoke Signal

Secara umum, alat safety kapal marine smoke signal dan alat piroteknik lainnya punya aturan main sebagai berikut:

-        Hanya boleh dipakai dalam keadaan darurat, atau dalam rangka latihan tentang keselamatan kapal.

-        Setiap alat harus dilengkapi panduan cara memakai, supaya orang awam sekalipun bisa mengoperasikan alat tersebut.

-        Setiap alat harus dilengkapi tanggal produksi dari pabrik.

-        Masa kadaluarsa marine smoke signal adalah 3 tahun setelah tanggal produksi. Lewat dari tanggal itu, marine smoke signal harus diganti dan tidak boleh dipakai lagi. 

 

Berikut ini video singkat tentang marine smoke signal. 

-         

I


Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Swivel Piece pada Jangkar Kapal

Alat Keselamatan Kapal, Apa Saja

Line Throwing Apparatus, Apakah itu?