Kenapa Life Jacket Warna Oranye?

Kenapa life jacket berwarna oranye? Pertanyaan seperti ini sering diutarakan. Bahkan bukan saja warna life jacket, tetapi secara umum perangkat atau alat keselamatan kapal berwarna oranye atau warna-warna mencolok lainnya.

Apakah sengaja dipilih warna oranye supaya terlihat modis. Tentu bukan. Atau untuk menyamakan dengan warna jersey timnas sepak bola Belanda? Tentu juga bukan ya. Warna oranye pada life jacket dipakai sebab warna ini diyakini dapat membantu penglihatan pihak penolong yang hendak melakukan pertolongan kepada korban.

 

Penjelasan Kenapa Life Jacket Warna Oranye

Warna oranye memiliki tingkat kecerahan yang tinggi dan mencolok serta jarang ditemukan di alam. Oleh karena itu warna ini cukup unik dan peka terhadap indera penglihatan. Coba bayangkan jika warna life jacket atau warna alat safety kapal lainnya adalah hijau atau biru. Tentu akan sangat sulit untuk mengidentifikasi survivor yang meminta pertolongan di tengah laut.

Warna oranye bukan satu-satunya warna yang dikenakan pada life jacket. Selain oranye, warna yang dipakai adalah merah dan kuning. Standar warna ini tentunya tidak sekedar suka-suka dipilih ya. Warna life jacket sudah distandarisasi berdasarkan standar keselamatan di laut secara internasional yaitu peraturan Safety of Life at Sea (SOLAS).

Life jacket dengan warna oranye atau warna standar lainnya harus tersedia di kapal baik kapal penumpang ataupun kapal barang. Hal ini juga sesuai dengan standar dari SOLAS.

Contohnya yaitu pada kapal penumpang. Pada kapal pemumpang, jumlah life jacket yang diwajibkan ada di kapal yaitu satu buah per orang ditambah minimum 10 persen dari jumlah tersebut. Misalkan sebuah kapal penumpang PELNI berkapasitas 500 orang maka jumlah life jacket yang harus ada di kapal adalah

500 + (10% x 500) = 550 buah

Kemudian, 10 persen dari jumlah life jacket tersebut, wajib diperuntukan bagi anak-anak. Jika jumlahnya 550 buah maka 55 buah wajib diperuntukan bagi anak-anak. Jumlah yang tersedia tersebut juga harus cukup bagi regu jaga.

Jadi, sudah nggak penasaran lagi kan kenapa life jacket warnanya harus banget oranye? Jadi jangan request warna lain ya. Setiap kali naik kapal, pastikan juga ke petugas bahwa jaket pelampung ini tersedia, supaya hati tenang selama perjalanan.

 

Comments

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000 :d
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q :-*

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fungsi Swivel Piece pada Jangkar Kapal

Alat Keselamatan Kapal, Apa Saja

Line Throwing Apparatus, Apakah itu?